5 Menit Panduan Singkat Pokemon Go

Pokemon Go ini berasa seperti “wabah”. Sudah lebih dari 5 hari lebih saya bermain ini, sudah berpapasan juga lebih dari 50 orang bermain game yang sama. Sayangnya masih banyak sekali orang yang belum mengerti fitur-fitur Pokemon Go. Saya coba buat guide ini sesingkat mungkin.

Untuk Anda yang tidak menemukan Pokemon Go via Play Store atau via App Store wajar kok karena memang belum resmi masuk Indonesia. Cukup PM saya untuk cara mendapatkan “APK”-nya atau cara membuat AppleId Australia untuk memainkan game ini.

Meski “cuma” menghabiskan 20MB data per jamnya, tapi game ini memang rakus batere.

MAU PIKACHU?

pikachuu
Selain Charmander, Bulbasaur, atau Squirtle, sebenarnya kita juga dapat menangkap Pikachu. Caranya cukup tinggalkan tiga pokemon ketika awal ditawarkan, setelah kurang lebih 5 kali meninggalkan mereka, voila, pikachu-pun muncul. Sayangnya trik ini hanya berlaku untuk pemain baru.

CARA MENANGKAP POKEMON?

catch
Cukup jalan-jalan kemanapun, jika HP tetiba bergetar berarti ada pokemon di sana. Cukup lemparkan PokeBall ke arah pokemon tersebut. Warna lingkaran menunjukkan tingkat kesulitan menangkapnya. Hijau = sangat mudah. Kuning = mudah. Oranye = sulit. Merah = sangat sulit. Anda bisa mematikan fitur AR (Augmented Reality) di kanan atas untuk lemparan yang lebih akurat.

CARA MEMPERKUAT POKEMON?

pokeenhance
Semakin tinggi CP (Combat Power) Pokemon = semakin kuat. Untuk memperkuatnya, kita harus memberi mereka makan dengan “Stardust” atau“Pokemon candies”. Dua makanan ini dapat didapat dengan cara menangkap Pokemon, menetaskan telur, atau klik “transfer”.

CARA MENINGKATKAN LEVEL?
Semakin tinggi level = Pokemon lebih kuat. Caranya antara lain:
-Melempar Poke Ball dengan akurat (+10-100 EXP)
-Mengunjungi PokeStop (+50 EXP). Poke Stop adalah tempat bewarna biru di peta. Sebenarnya tidak perlu tap item yang telah kita dapatkan, langsung klik X saja untuk mempercepat animasinya. Setiap 5 menit maka Poke Stop akan “recharge” kembali.
-Menangkap Pokemon yang sudah kita miliki (+100 EXP)
-Menetaskan telur (+200 EXP). Jika kita naik motor/mobil dengan kecepatan di atas 20km/jam maka jarak tempuh tidak dihitung untuk menetaskan telur ini. Semakin jauh jarak yang harus ditempuh = semakin langka Pokemon yang akan didapat.
-Menangkap Pokemon baru (+500 EXP)
-Meng-evolve Pokemon (+1000 EXP)
-Menggunakan item Lucky Egg (X2 EXP selama 30 menit). Idealnya adalah kita menuju PokeStop yang sedang menggunakan Lure Module. Lalu evolve semua Pokemon yang kita miliki. Setelah selesai evolve, kita dapat menggunakan sisa waktu tersebut untuk mengelilingi PokeStop (+100 EXP jika menggunakan Lucky Egg) sambil menangkap Pokemon lain (+200 EXP jika menggunakan Lucky Egg).
CARA MENEMUKAN LEBIH BANYAK POKEMON?

foot
Dapat menggunakan item Incense (digunakan pada diri sendiri untuk meningkatkan kemungkinan kita bertemu Pokemon) atau Lure Module (digunakan di PokeStop, meningkatkan kemungkinan semua orang di dekat PokeStop tersebut bertemu Pokemon). Semakin banyak cap kaki di menu “Nearby Pokemon” = semakin jauh seekor Pokemon dari tempat kita berada. Satu cap kaki berarti seratus meter.

APA ITU GYM?

gymwin
Ketika kita naik ke level lima, maka kita dapat memilih satu kali saja di antara 3 tim: Valor (merah), Mystic (biru), dan Instinct (kuning). Memang kita dapat bermain tanpa perlu melawan gym, tapi jika kita menduduki sebuah gym (tentunya dengan melawan warna yang bukan kita pilih sebelumnya), kita akan mendapatkan Stardust dan Poke Coin (untuk membeli item dari Poke Shop).

Gym memiliki level. Gym level dua bisa diduduki oleh dua Pokemon. Gym level tiga, tiga Pokemon. Untuk menurunkan Prestige Points sebuah gym, kita harus mengalahkan semua Pokemon di dalamnya. Setiap kali kita berhasil mengalahkan semua Pokemon di dalam sebuah gym, gym tersebut akan turun Prestige Points-nya. Jadi jika kita menantang gym level tiga dan mengalahkan tiga Pokemon, maka gym tersebut lama-lama akan turun menjadi level dua (alhasil, salah satu Pokemon di dalamnya akan didepak keluar). Tantang ulang gym tersebut dan jika kita mengalahkan dua pokemon di dalamnya, maka gym tersebut menjadi level satu (tinggal satu Pokemon). Kalahkan sekali lagi dan gym tersebut akan berubah warna menjadi putih, dan kita bisa menguasai gym tersebut dengan cara mengirimkan Pokemon ke dalam gym tersebut.

CARA MELAWAN POKEMON?

fight
-Geser Pokemon kita untuk menghindari serangan musuh.
-Tekan Pokemon musuh agar Pokemon kita menyerangnya, cara ini jauh lebih efektif dibanding cuma geser-geser.
-Tekan Pokemon kita dan tahan untuk mengeluarkan jurus spesial (butuh setidaknya 1 bar biru di bawah bar HP)

Punya tips lain? silahkan isi kolom komentar di bawah atau hubungi saya ya (menu contact ada di atas).

Advertisements
This entry was posted in How To and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to 5 Menit Panduan Singkat Pokemon Go

  1. kevin says:

    Kalo pokemonya bisa di evolve jangan di stardust nanti sayang stardustny .. jadi mending nggu uda kuat aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s