Mitos makin besar megapixel, makin bagus

post01

Tentu masih ingat beberapa tahun lalu, tepatnya pertengahan 2012, Nokia merilis 808 PureView yang punya kamera belakang beresolusi 41 MP. Meski benar-benar beresolusi sebesar itu tapi hasilnya tetap lebih bagus ponsel lain yang “cuma” 8MP pada saat itu.

Mengapa bisa begitu?

Sebenarnya para produsen ponsel ingin menciptakan persepsi bahwa semakin tinggi resolusi = semakin bagus fotonya. Padahal ini bisa saja jauh dari kenyataan.

Resolusi sebenarnya hanyalah soal jumlah pixel yang dihasilkan dan hanya relevan kalau foto tersebut ingin dicetak ukuran besar. TAPI tidak ada hubungannya dengan kualitas foto itu sendiri (ditambah memori juga akan lebih cepat habis).

Beberapa faktor yang sebenarnya LEBIH penting, yaitu:
1. Bukaan lensa. Semakin besar lensa = semakin banyak cahaya yang masuk. Makanya hasil foto Galaxy S7 yang cuma 12MP lebih bagus daripada Galaxy S6 yang punya kamera 16 MP. Karena bukaan lensa S7 adalah sebesar f/1.7 sedangkan S6 sebesar f/1.9 (lebih kecil = lebih besar bukaan lensanya). Sayangnya spesifikasi bukaan lensa seperti ini sangat jarang diumbar produsen, saya sendiri harus cek sendiri via Gsmarena.com lalu melihatnya di tab “Camera” tiap versi ponsel.

2. Teknologi tambahan. Contoh pada Galaxy S7 menggunakan teknologi DSLR Canon (dual pixel) sehingga tiap pixel terdiri dari sepasang sub-pixel, bekerja seperti mata manusia. Banyak ponsel juga menggunakan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) yang sangat membantu kamera mengambil foto lebih tajam meski cahaya minim (low light) atau ada goyangan.

3. Kemudahan dipakai. Seberapa cepat membuka aplikasi kamera dari keadaan ponsel terkunci. Seberapa cepat foto diambil.

Share, like, comment 🙂

Advertisements
This entry was posted in Article and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s