Android vs iPhone. Sebenarnya mana yang lebih baik?

Android vs iPhone. Sebenarnya mana yang lebih baik?

1. Android lebih murah vs iPhone lebih mahal.
Didukung juga fakta bahwa Apple tiap kali rilis produk baru pasti speknya ketinggalan dari flagship Android di tahun tersebut. Contoh nih iPhoneX yang rilis 2018 kemarin masih pakai RAM 3GB sedangkan S9Plus yang rilis di tahun yang sama sudah pakai RAM 6GB. Mengapa begini? Sebenarnya spek selalu tidak relevan dibandingkan di produk Apple dengan produk dari brang lain dikarenakan mereka membuat hardware dan software-nya sendiri jadi dipastikan sangat efisien dalam kinerjanya. Beda hal dengan Samsung yang membuat S9Plus tapi software-nya dibuat oleh Google sehingga kurang efisien makanya butuh RAM lebih besar.

Contoh lain lagi soal update dari brand masing-masing, andai kita membeli iPhone 5S di tahun 2013 maka di tahun ini kita masih bisa dapet update ke iOs terbaru tahun ini (iOs 12, masih dapat update dari lima tahun rilisnya, panjang kan). Beda hal andai kita membeli S4 di tahun 2013 maka mentok cuma dapat update Android empat tahun lalu (Android 5 Lollipop, update di Samsung mentok cuma satu tahun dari rilisnya). Membeli iPhone untuk jangka panjang rasanya pilihan lebih tepat daripada Android harus ganti tiap satu sampai dua tahun.

2. Apple Appstore jauh lebih matang dan terkontrol dibandingkan Playstore.
Untuk bisa masuk ke list Appstore sangatlah ketat sehingga tidak sembarang virus/malware bisa bersembunyi di sana. Lagian Developer harus membayar $99 untuk bisa submit aplikasi ke Appstore, beda hal “cuma” $25 untuk bisa submit ke Playstore.

3. Inovasi
Apple bisa membuat fitur/produk tersebut menjadi trend. Contoh fitur touchscreen di iPhone 2G, inovatif sih sebenarnya engga juga, Nokia uda banyak keluarin produk touchscreen dari tahun-tahun sebelumnya. Tapi Apple bisa buat touchscreen tersebut jadi trend, ibarat kalau masih pake hp ber-keypad di jaman itu keliatan kuno. Apple sebenarnya tidak mau buru-buru tapi menunggu fitur tersebut matang baru diaplikasikan ke produknya. Contoh lain, seperti fingerprint sensor yang sebenarnya teknologi lama di notebook.

Btw saya sendiri bukan Apple fanboy karena ketika mengetik ini masih menggunakan laptop ber-Windows, hp utama ber-Android, hp cadangan ber-Ios 🙂

image via @devRantApp
#google #android #apple #ios #iphone #playstore #appstore #tech #technology #innovation #news #information #platform #industry #companies #internet #trends #clickskytech

Advertisements
This entry was posted in Article and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.